09 Agustus, 2008

PENGANTAR

Kehidupan manusia kompleks dengan berbagai masalah, akan menyebabkan terjadinya gradasi atau penurunan daya dukung. Penurunan daya dukung bisa terjadi pada aspek fisik maupun psikis. Seiring dengan bertambahnya usia dan bertambahnya tuntutan hidup maka makin rentan tubuh ini terhadap penyakit. Secara fisik, tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem yang kompleks, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi tubuh yang digunakan dalam waktu yang relatif lama, akan mengalami keausan. Tulang mulai rapuh, aliran darah mulai tidak normal, pendengaran tidak setajam ketika muda. Kulit mulai keriput. Disinilah daya dukung manusia mulai menurun. Begitu juga psikis kita, emosi tak terkendali, gampang tersinggung, pesimis, perasa dan sebagainya.
Ketika tubuh kita sudah renta, psikis kita tak terjaga, apa yang harus kita lakukan ? siapa yang mau peduli dengan kita.
Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mau menyadari, memahami keadaan diri. Ternyata untuk seperti itu tidak mudah. Perlu menata diri dan yang lebih berarti adalah pasrah kepada Allah.

Tidak ada komentar: